Cegah Stunting, Kepala KUA Tanjung Raja Lampung Utara, Sosialisasikan pencegahan pernikahan pada anak
Daerah

Cegah Stunting, Kepala KUA Tanjung Raja Lampung Utara, Sosialisasikan pencegahan pernikahan pada anak

  12 Sep 2024 |   55 |   Penulis : Humas Cabang APRI Lampung|   Publisher : Biro Humas APRI Lampung

Humas APRI Lampung Utara-  Kepala KUA Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara, Abdul Rohim didampingi oleh Penyuluh Agama Islam ,Ibrahim menjadi narasumber kegiatan sosialisasi pencegahan pernikahan dini    Pada Kamis (12/09/2024) pukul 13..00 WIb.

Kegiatan yang bertempat do balai Desa Sidomulyo Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara  itu dihadiri Camat Tanjung Raja, Martutiyana,  Kepala Desa dan aparaturnya, Kapolsek, Danramil dan Pendamping desa. 

Kegiatan yang bertemakan " Stop!! pernikahan dini pada anak, Ayo Ciptakan generasi emas yang cerdas dan berprestasi "di ikuti oleh 30 peserta dari Desa Sidomulyo yang masih kategori anak-anak dibawah umur 18 tahun. 

Abdul Rohim, Kepala KUA Tanjung Raja dalam materinya menyampaikan bahwa batas minimal umur pernikahan baik bagi laki-laki dan perempuan adalah umur 19 tahun. " Hal itu tercantum dalam UU No 1 Tahun 1974 yang telah diubah dengan UU No 16 Tahun 2019 " Ujar Rohim. 

Menurut Rohim, Bahwa Islam itu diturunkan oleh Allah SWT mempunyai tujuan yang disebut Maqosidusyar'iyah yang salah satunya adalah Menjaga Jiwa (Hifdzu Nafs), Menjaga akal (Hifdzu Aql)  dan Menjaga Keturunan (Hifdzu Nasl). " Maka pernikahan Dini atau pernikahan pada anak yang mempunyai dampak Negatif seperti Stunting,Resiko kematian pada ibu dan anak, ketidaksiapan mental yang bisa menyebabkan KDRT dan lain sebagainya, Maka tentu pernikahan dini menyalahi kalau dilihat dari esensi ajaran Islam diturunkan tersebut sehingga perlu ada upaya pencegahan" Jelas Rohim. 

Rohim yang juga merupakan Sekertaris PC APRI Lampung Utara ini,  memberi pesan agar peserta  yang masih kategori anak-anak ini, agar fokus memenuhi hak nya sebagai anak yaitu salah satunya mendapatkan pembelajaran. * Pesan saya kepada adik-adik ,ayo fokuslah belajar dan gapai cita-cita setinggi-tingginya" Pungkasnya*) 


Share | | | |