Ketua APRI Kalbar Isi Ceramah Maulid di MAN 1 Kubu Raya
Daerah

Ketua APRI Kalbar Isi Ceramah Maulid di MAN 1 Kubu Raya

  19 Sep 2024 |   15 |   Penulis : Biro Humas APRI Kalimantan Barat|   Publisher : Biro Humas APRI Kalimantan Barat

Kubu Raya ( APRI Kalbar ) --- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kubu Raya mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan Tema "Meneladani Akhlak Rasulullah Dalam Era Digitalisasi Pendidikan," . Kegiatan ini dilaksanakan di Mushala Madrasah Aliyah Negeri 1 Kubu Raya di Rasau Jaya, Rabu, 18 September 2024.

Untuk mengisi ceramahnya, Solihin, S.Pd.I, M.Pd, Kepala MAN 1 Kubu Raya mengundang M. Ichsanudin,S.HI, Ketua Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kalimantan Barat.

Dalam ceramahnya Ichsanudin sangat menekankan kepada para Siswa Madrasah tersebut akan pentingnya meneladani Rasulullah. Sejak remaja, Rasulullah adalah remaja hebat yang tidak pernah berdusta, sehingga Rasulullah mendapat gelas Al-Amin.

“Nabi Muhammad sejak kecil mendapatkan gelar Al-Amin, demikian itu karena Nabi Muhammad tidak pernah melakukan kebohongan atau dusta. Karena itu, siswa-siswi MAN 1 Kubu Raya untuk dapat meniru Rasulullah dengan berusaha meninggalkan dusta terlebih lagi kepada para gurunya”, tegas Ichsan.

M. Ichsanudin juga mengajak para siswa MAN 1 Kubu Raya  untuk memperbanyak membaca sholawat kepada Nabi, karena dengan mebaca sholata satu kali saja sudah mendapat balasan sholawat dari Allah 10 kali, mendapat pengampunan 10 dosanya, mendapat peningkatan derajad 10 derajad serta yang paling penting akan mendapat syafa’at Rasulullah dan akan berkumpul bersama Rasulullah di surga kelak.

Sebelum ceramah disampaikan oleh ketua APRI Kalbar, acara terlebih dulu dimulai dengan pembacaan ayat suci al-Quran yang dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala MAN 1 Kubu Raya, serta pembacaan kitab al-Barzanji dan mahalul qiyam.

Dalam acara Maulid tersebut juga diiringi dengan hadrah dari siswa-siswa MAN 1 Kubu Raya yang sudah memiliki kemampuan bersholawat dan memainkan hadrah atas binaan bapak Mustafa salah satu guru di MAN 1 Kubu Raya.[]

Share | | | |