Kepala Kemeneg Tuban Apresiasi APRI Cabang Tuban pada Rakorcab di Kota Batu
Daerah

Kepala Kemeneg Tuban Apresiasi APRI Cabang Tuban pada Rakorcab di Kota Batu

  20 Sep 2024 |   39 |   Penulis : APRI Pusat|   Publisher : APRI Pusat

Batu, (APRI Tuban)-Kepala Kemeneg Tuban Apresiasi APRI Cabang Tuban pada Rakorcab yang diselenggarakan di Kota Batu.(20.09/2024)

Pengurus Cabang Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (PC APRI) Kabupaten Tuban melaksanakan rapat koordinasi beserta seluruh anggotanya di kota Batu selama 2 (dua) hari mulai Kamis-Jumat tanggal 19-20 September 2024.

Kegiatan rakor ini secara resmi dibuka oleh Kakankemenag Tuban, Umi Kulsum didampingi Kasubag TU, Moh. Qosim dan Kasi Bimas Islam, Mashari.

Dalam sambutannya, Kepala kantor perempuan pertama ini menyampaikan apresiasi kepada APRI Cabang Tuban yang selama ini telah mendukung program-program Kementerian Agama dan melakukan kegiatan-kegiatan lain yang telah menjadi amanah organisasi.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh pengurus cabang APRI Tuban utamanya yang berkaitan dengan program-program strategis Kementerian Agama di bidang Urusan Agama Islam yang dilaunching dengan nama "Tuban Bangga" (Tuban Membangun Keluarga)." 

APRI juga telah menjembatani kerjasama dengan lintas sektor terkait baik dengan Pengadilan Agama, Dinas Sosial dan P3A, Dinas Dukcapil dan tidak lupa Dinas Kesehatan.

Lebih lanjut ia menyampaikan perihal perkembangan KUA-KUA di Tuban yang semakin ke sini semakin progresif dalam upaya meningkatkan bimbingan dan pelayanan kepada masyarakat. Bahkan di beberapa KUA kecamatan ada yang telah melakukan inovasi-inovasi program dengan tagline masing-masing seperti kegiatan seperti SALIMA (Sapa Lintas Agama), KUA SAMIL (KUA Sapa Ibu Hamil), JAMU SEHAT CATIN, SALAM SEHAT (Sapa Pasien semoga dalam keadaan Sehat), Kelas Sakinah bagi para wali murid RA, Pembinaan eks kampung lokalisasi dan pendampingan bagi anak-anak Pank yang termarjinalkan dan pembinaan remaja lainnya yang hampir merata di seluruh kecamatan.

Mantan Kasi Pendma dan Kasi Haji ini memberikan support atas program-program di atas agar bisa dikembangkan lagi. Ia secara khusus bahkan siap memfasilitasi terbentuknya sekretariat bersama APRI-IPARI dan tempat khusus di Kemenag sebagai pusat layanan konseling, mediasi & advokasi bagi para keluarga yang membutuhkan. Untuk pusat informasi terpadu di Kemenag ia sangat berkeinginan membuat media online pusat layanan informasi keagamaan di ruang PTSP. 

Di akhir pengarahannya, Umi, panggilan akrab perempuan asli Tuban ini juga menyampaikan pesan Kakanwil Kemenag Jatim terkait kebersihan dan disiplin kerja bagi semua ASN. "Performa layanan KUA harus baik tapi fisik KUA juga harus glowing,” imbuhnya.

Sementara itu Kasi Bimas Islam, Mashari dalam kesempatan itu memberikan dorongan dan evaluasi beberapa program kerja APRI yang belum bisa maksimal. Ia meminta seluruh KUA untuk tetap komitmen dan mendukung 7 (tujuh) Program Prioritas Kementerian Agama RI, salah satunya adalah Program Revitalisasi KUA. “Program Revitalisasi KUA ini merupakan upaya Kementerian Agama untuk mewujudkan KUA sebagai pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel dan moderat guna meningkatkan kualitas umat beragama,” jelas pria asal Lamongan ini.

Kegiatan Rakor APRI selama 2 (dua) hari tersebut ditutup oleh Kasubag TU, Moh. Qosim. Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya disiplin dan kebersamaan dalam menjalankan setiap program kerja. “Insya Allah dengan tetap semangat dan menjaga kekompakan semua apa yang kita cita-citakan akan terwujud sesuai harapan,” katanya singkat.

Ketua Cabang APRI Tuban, Nur Puat pada sela-sela sidang komisi ketika ditanya terkait kegiatan Rakorcab ini menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya rapat ini adalah untuk mengukur dan mengevaluasi capaian program organisasi demi perbaikan ke depannya, tutur pria yang telah memimpin APRI Cabang Tuban dua periode ini. 

Rapat ditutup dengan pembacaan hasil rakor dan dilanjut foto bersama. (ais)

Share | | | |