Sinergitas  SDM KUA Bersama Puskesmas di Kecamatan Batang Gasan (Gerakan Nikah Sehat Menuju Keluarga Samawa)
Opini

Sinergitas SDM KUA Bersama Puskesmas di Kecamatan Batang Gasan (Gerakan Nikah Sehat Menuju Keluarga Samawa)

  06 Sep 2024 |   91 |   Penulis : pc_apri_ pdpariaman|   Publisher : Biro Humas APRI Sumatera Barat

Sinergitas KUA Bersama Puskesmas di Kecamatan Batang Gasan [ Gerakan Nikah Sehat Menuju Keluarga Samawa]

Kegiatan Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tingkat Kecamatan Batang Gasan Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2024 telah dilaksanakan serentak. Untuk agenda launching ini telah dilaksanakan di TK. Bunga Tanjung yang terletak di Korong Tanjung Nagari Gasan Gadang Kecamatan Batang Gasan. Launching kegiatan dihadiri Camat Batang Gasan, Edison, didampingi Kepala KUA Batang Gasan, Heri Yudiansyah, beserta Penyuluh KUA, Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman, Khairul Syaf, Kepala Puskesmas Batang Gasan, Ns. Karno Fiyandri, dan Kepala Koordinator KB, Sarinum serta Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Sekolah, Wali Nagari dan Wali Korong setempat, termasuk anak usia 0 – 7 tahun yang akan di PIN Polio.

Ada yang sangat menarik dalam kegiatan yang telah berjalan ini, Rabu 24/7/2024 bahwa kegiatan yang selama ini dilaksanakan di sekolah atau tempat posyandu, hari ini kegiatan dilaksanakan di kantor KUA Kecamatan Batang Gasan dengan penuh keceriaan dari para petugas, orang tua, anak, dan penyuluh kua.

Camat Batang Gasan, Edison sangat berharap seluruh anak mendapatkan vaksin PIN Polio sesuai schedule dan juknis lapangan. Melalui vaksin ini akan menjaga masa depan anak-anak, khususnya anak-anak di wilayah kecamatan Batang Gasan, jika dari kecil mereka tidak disiapkan antibody dalam menghadapi penyakit seperti Polio, maka akan berdampak besar bagi kesehatannya, karena penyakit Polio akan berimbas pada perkembangan tubuh si anak.”  tuturnya.

Selanjutnya, Kepala Puskesmas Gasan Gadang, Ns. Karno Fiyandri, juga nenyampaikan kepada seluruh yang hadir hingga kepala sekolah, pastikan bahwa seluruh anak-anak kita mendapatkan vaksin Polio ini, karena ini sangatlah penting untuk menjaga kesehatan anak-anak generasi millenial bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

Terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, H. Syafrizal menyampaikan, Kantor Urusan Agama (KUA) bukan hanya mencatat nikah saja, ada tugas dan fungsi lain dari keberadaan KUA tersebut berdasarkan PMA nomor 34 tahun 2016 sebagai berikut :
a. Pelaksanaan pelayanan, pengawasan, pencatatan dan pelaporan nikah dan rujuk
b. Pengelolaan statistik layanan dan bimbingan masyarakat Islam
c. Pengelolaan dokumentasi dan sistem informasi manajemen KUA Kecamatan
d. Pelayanan Bimbingan Keluarga Sakinah
e. Pelayanan bimbingan kemasjidan
f. Pelayanan bimbingan hisab rukyat dan pembinaan syariah
g. Pelayanan bimbingan dan penerangan Agama Islam
h. Pelayanan Bimbingan Zakat dan Wakaf
i. Pelaksanaan ketatausahaan dan kerumahtanggaan KUA 
j. Layanan Bimbingan Manasik Haji bagi Jemaah Haji reguler. 

Dalam kegiatan lintas sektor ini seperti PIN Polio, merupakan bagian dari kegiatan gerakan nikah sehat (Gernis) yang menuju pada pelayanan bimbingan keluarga Sakinah dan pelayanan bimbingan penerangan agama Islam. Dengan telah ditandatangani MoU, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, H. Syafrizal, dengan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman, dr. H. Aspinuddin, seputar keluarga sehat di Grand Buana Lestari Hotel, Padang Pariaman, Kamis, (30/05/2024), maka berdampak positif sinergitas KUA Kecamatan dengan Puskesmas. 

Sementara itu, Kepala KUA Batang Gasan, Heri Yudiansyah memberikan dukungan penuh dengan mengerahkan Penyuluh Agama Islam PNS, P3K dan Non PNS dalam ikut serta kegiatan PIN Polio ini dan kesuksesan Gerakan Nikah Sehat Menuju Keluarga Samawa. Terbukti bahwa tempat pelaksanaan PIN Polio ditempatkan di kantor KUA, dengan penuh kekeluargaan, suasana yang santai dan menyenangkan serta penyuluh menyediakan sebentuk hadiah bagi anak-anak yang sudah di vaksin Polio diberikan hadiah agar anak-anak yang berumur 0 – 7 tahun merasa senang dan bahagia dengan program ini. Proses gerakan nikah sehat (Gernis) menuju keluarga Samawa dapat tercapai hendaknya. 

"Program PIN Polio ini  adalah program pemerintah. Untuk itu, sebagai ASN KUA yang tahu dari aspek keagamaan memberikan pencerahan kepada orang tua dan Masyarakat, kita dituntut berperan aktif mendorong pencapaian target 100 % dalam PIN Polio  di Batang Gasan," ujar Kepala KUA, usai kegiatan.

Dengan tanda telah dilaunchingnya agenda ini, Camat Batang Gasan dan Kepala KUA Batang Gasan, Edison dan Heri Yudiansyah, beserta pejabat lainnya, berkesempatan untuk memberikan tetes Vaksin Polio kepada para balita sebagai tanda dimulainya Pencanangan PIN Polio Tahun 2024 yang dilaksanakan serentak se-Indonesia.  

(Heri Y_Pengurus PC Apri Padang Pariaman) 

Share | | | |