Pimpin Rapat Koordinasi Bulanan, Ka KUA Sidikalang Tekankan Trilogi Layanan dan Digitalisasi
17 Oct 2025 |
5 |
Humas Cabang APRI Dairi |
Biro Humas APRI Sumatera Utara
Sidikalang, (Humas). Guna memastikan kualitas pelayanan prima dan sinergitas kinerja, jajaran Kantor Urusan Agama (KUA) Sidikalang melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Bulanan. Kegiatan ini diadakan untuk mengevaluasi kinerja bulan sebelumnya dan menyusun rencana strategis ke depan. Rakor dilaksanakan di aula Balai Nikah KUA Sidikalang setelah pelaksanaan Apel Kesadaran Nasional, Jumat, (17/10).
Rakor Bulanan tersebut dihadiri lengkap oleh seluruh elemen penting di KUA Sidikalang, mulai dari para Penghulu, Penyuluh Fungsional, Penyuluh PPPK, Pelaksana Layanan Operasional (PLO), staf, hingga Pegawai Pencatat Nikah (PAIH). Kehadiran seluruh jajaran mencerminkan komitmen bersama dalam meningkatkan efektivitas tugas dan fungsi KUA.
Rapat koordinasi dipimpin langsung oleh Kepala KUA Sidikalang, H. Abdul Yajid Lingga, S.Ag, MM. Dalam arahannya, Ka KUA memberikan penekanan utama pada tiga pilar penting, yang salah satunya adalah implementasi Trilogi Pelayanan. Trilogi ini mencakup pelayanan yang prima (mudah, cepat, ramah), transparan (akuntabel), dan berdampak (menyentuh kebutuhan umat). Fokus kedua yang ditekankan adalah penguatan digitalisasi layanan dan arsip. Ka KUA Sidikalang mendorong seluruh jajaran untuk memanfaatkan teknologi secara maksimal dalam proses pencatatan nikah, bimbingan, dan pengelolaan data. Langkah ini penting untuk mewujudkan layanan yang efisien, modern, dan bebas dari praktik pungli, sejalan dengan program digitalisasi Kemenag.
Poin krusial lainnya yang disampaikan adalah pentingnya penguatan tugas dan fungsi (Tupoksi) sesuai regulasi jabatan. Ka KUA mengingatkan setiap ASN, baik Penghulu, Penyuluh, maupun staf administrasi, untuk bekerja secara profesional dan memegang teguh pakta integritas berdasarkan aturan yang berlaku. Dalam sesi paparan program, H. Abdul Yajid Lingga juga menyampaikan secara rinci sasaran dan rencana program KUA terhadap masyarakat umum, khususnya pembinaan aktif kepada Majelis Taklim dan Badan Kesejahteraan Masjid (BKM). KUA bertekad menjadi pusat layanan keagamaan yang tidak hanya mengurus pernikahan, tetapi juga memberdayakan umat.
Rakor Bulanan ini memiliki ciri khas yang unik, di mana agenda formal diisi dengan sesi tambahan berupa muzakarah ilmu terkait keagamaan. Sesi ini disajikan oleh tuan rumah rakor bulan ini, Husni Thamrin Rambe, S.Ag, Penyuluh Agama Islam PPPK. Sesi muzakarah bertujuan untuk memperkaya wawasan keagamaan seluruh jajaran KUA.
Dengan diselenggarakannya Rakor Bulanan ini secara konsisten, KUA Sidikalang berharap dapat terus meningkatkan profesionalisme dan kualitas layanan kepada masyarakat, menjadikan KUA sebagai ikon layanan keagamaan yang modern, disiplin, dan memberikan dampak nyata bagi kehidupan umat di Sidikalang dan sekitarnya. (MHS/SUP)