Inovasi KUA Susoh Gelar Literasi Keuangan di Pantai Bekerjasama Dengan Pegadaian Syariah
Daerah

Inovasi KUA Susoh Gelar Literasi Keuangan di Pantai Bekerjasama Dengan Pegadaian Syariah

  20 Oct 2023 |   54 |   Penulis : Biro Humas PP APRI|   Publisher : Muhammad Zidni Ilmi

Aceh Barat Daya - Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) bekerjasama dengan Pegadaian Syariah Blangpidie melaksanakan kegiatan Literasi Keuangan Keluarga Sakinah, ada yang menarik dalam kegiatan ini, pasalnya H. Roni Haldi, Lc. Penghulu sekaligus Kepala KUA Kecamatan Susoh memilih tempat penyelenggaraan kegiatan dilakukan di pantai Bali, Desa Ladang Kecamatan Susoh. Rabu (13/9/2023).

Berlatarkan suasana alam yang asri dibalut dengan keindahan pantai Bali, 10 pasang calon pengantin se-Kabupaten Aceh Barat Daya mengikuti Seminar Literasi Keuangan Keluarga Sakinah yang diampu langsung oleh Lissa Bella Rina Putri, S.Psi, Pendiri Sekolah Alam Abdya bersama Kepala Pegadaian Syariah Blangpidie Febrian Mega Putra.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Perwakilan dari Kepala Kantor Kementerian Agama Abdya yaitu Kasi Bimas Islam M Yatim MA., dalam sambutannya, M. Yatim mengapresiasi KUA Susoh telah melakukan inovasi kerja bekerjasama dengan Pegadaian Syariah Blangpidie.

“Semoga kegiatan ini menjadi bermanfaat sebagai salah satu upaya bersama untuk mengokohkan ketahanan keluarga,” harap M Yatim.

Dikesempatan yang sama Kepala KUA Susoh H Roni Haldi, Lc, menyampaikan adapun materi yang disajikan dalam kegiatan literasi keuangan keluarga sakinah yaitu, Bimbingan Membangun Relasi Harmonis dan Bimbingan Keuangan Keluarga.

Adapun kegiatan ini bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan dan pemahaman kepada peserta sehingga terus berusaha mempertahankan keluarga menjadi sakinah, mawaddah dan warahmah serta untuk menekan angka perceraian.

“Jika terjadi konflik rumah tangga, cari solusi dengan baik dan jadilah keluarga yang menjadi contoh teladan di Kecamatan Susoh” ungkap H Roni Haldi ditengah sambutannya.

Lanjutnya, Kantor Urusan Agama memiliki peranan penting dalam kehidupan keluarga. Mulai dari peran administrasi, pembinaan sebelum pernikahan, hingga pelestarian ketahanan keluarga.

“Alhamdulillah kegiatan literasi keuangan keluarga sakinah ini terlaksana sukses dengan sponsor dari Pegadaian Syariah Blangpidie,” sebut Kepala.KUA Susoh, H. Roni Haldi, Lcyang sebelumnya juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai “KUA Standar dan Inovasi Provinsi Aceh Tahun 2022” dari Kakanwil Kemenag Aceh dalam rangka Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI ke-77.

-Mz

Share | | | |