Di Balik Viral Penghulu Beri Petuah Sekaligus Jenaka ke Calon Pengantin
Inspirasi

Di Balik Viral Penghulu Beri Petuah Sekaligus Jenaka ke Calon Pengantin

  20 Oct 2023 |   93 |   Penulis : Biro Humas PP APRI|   Publisher : Muhammad Zidni Ilmi

Surabaya - Video seorang penghulu saat menikahkan calon pengantin viral. Penghulu tersebut memberikan petuah dengan caranya yang jenaka, yang membuat orang di sekitarnya tergelak tertawa. Ustaz Anas memang sengaja melakukan itu.
Anas memiliki cara tersendiri menyisipkan ilmu menikah sesuai dengan syariat Islam. Tujuannya agar mudah diterima pengantin yang hendak membangun rumah tangga.

"Menikah adalah hal yang menyenangkan. Calon pengantin, kebanyakan tidak tahu bagaimana ilmu nikah. Kami menyampaikan dengan guyonan, tidak seperti pengajian umumnya. Harapan kami biar ada manfaat," ujar Anas di kediamannya, Jalan Jembawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Rabu (1/9/2021).

Anas punya hitungan waktu sendiri bagaimana saat menunaikan tugasnya. Sehingga, ada waktu yang disisipkan untuk memberikan ilmu agama di luar proses ijab kabul.

"Waktunya jadi tidak panjang. Kan tidak semua punya banyak waktu. Jangan sampai ada pikiran gara-gara penghulu, acara jadi molor. Jadi saya singkat 20 menit. Ijab kabul, ceramah dan acaranya selesai," tutur alumni IAIN Malang ini.

"Dalam hidup, jasmani dan rohani harus dicukupi. Jangan seperti orang makan di warung, setelah perut kenyang, langsung pergi tidak mau bayar," pesan Anas.

Sejak 12 tahun menjadi penghulu berharap video-video yang kini beredar di media sosial bisa memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

"Saya gak masalah itu terkenal atau apa. Saya juga gak tahu. Saya hanya satu, yang penting manfaat," kata Ustaz Anas.

Sebelumnya, video berdurasi 54 detik beredar yang memperlihatkan saat menikahkan calon pengantin viral. Sang penghulu bertanya kepada pengantin perempuan "Apa yang kau lakukan untuk nyenengno suamimu?"

Sang pengantin menjawab dengan terbata "Aa..melayani". Yang ditimpali balik oleh sang penghulu dengan nada tanya "Melayani?", yang diteruskan dengan nada pertanyaan-pertanyaan berikutnya.


Penulis: PP.APRI - www.ppapri.or.id
04/07/2022

Share | | | |