APRI Siapkan Program Kajian Kitab bagi Penghulu
Nasional

APRI Siapkan Program Kajian Kitab bagi Penghulu

  04 Nov 2023 |   471 |   Penulis : Biro Humas PP APRI|   Publisher : Biro Kajian Hukum Islam & Karya Ilmiah

Jakarta - Pengurus Pusat Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (PP-APRI) tengah menyiapkan launching program Kajian Kitab Kuning bagi Penghulu yang akan dilaksanakan pada hari Selasa, 07 November 2023.

Madari, S.Ag., Ketua Umum APRI mengatakan bahwa Kajian Kitab Kuning ini merupakan salah satu program unggulan APRI yang diinisiasi oleh Biro Kajian Hukum Islam dan Karya Ilmiah dalam rangka meningkatkan kompetensi penghulu dan pengayaan literasi keagamaan.

"Karena itu saya menghimbau kepada seluruh jajaran pengurus APRI dari pusat sampai cabang untuk mengikuti launching kegiatan ini serta mengajak seluruh anggota APRI yang ada di wilayah masing-masing." Tambahnya.

Pembukaan program kegiatan ini dikemas dalam acara Seminar Nasional Pernikahan Beda Agama & Moderasi Beragama dalam Perspektif Kitab Kuning, menghadirkan langsung Bapak Prof. Dr. KH. M. Amin Suma, M.A. (Guru Besar Fakultas Syariah dan Hukum Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) sebagai Narasumber Utama.

Bapak Prof. Dr. Phil. H. Kamarudin Amin, M.A. (Dirjen Bimas Islam Kemenag RI) turut dijadwalkan hadir sebagai Keynote Speaker dan Bapak H. Zainal Mustamin, M.A. (Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah) yang memberikan Opening Speech.

Kepala Biro Kajian Hukum Islam & Karya Ilmiah PP-APRI, Hayyun Nur menambahkan bahwa program Kajian Kitab Kuning Online ini  akan dilaksanakan dengan skala nasional. Pesertanya akan melibatkan tak kurang dari 8000 Penghulu se-Indonesia. Melalui program ini, paling sedikit sebulan sekali seluruh penghulu se-Indonesia akan mendiskusikan tema-tema tertentu di bidang kepenghuluan dan hukum Islam.

“Kajian dan diskusi yang notabene dilaksanakan via zoom meeting ini, sesuai nomenklatur programnya,  berbasis pada kitab-kitab kuning baik klasik maupun kontemporer. Pelaksanaan  program ini, diharapkan memberi dampak signifikan dalam memperkaya khazanah keilmuan para penghulu. Satu hal yang harus terus dikembangkan oleh setiap penghulu dalam pelaksanaan tugasnya sekaligus untuk peningkatan kualitas sebagai penghulu profesional.” Ujarnya

Launching program akan digelar langsung di Gedung Bimas Islam Kemenag RI, Jakarta yang dihadiri oleh Pembicara bersama perwakilan PP-APRI secara langsung dan diikuti seluruh peserta secara daring melalui Zoom & Youtube APRI Pusat dimoderatori langsung oleh Riswanto (Sekretaris I PP APRI), dalam kesempatan yang sama juga akan disosialisasikan Website APRI dan Program Informasi lainnya yang dikembangkan langsung oleh programmer dari kalangan Penghulu serta pembentukan Panitia Komunitas Penulis.

- Biro Humas PP APRI

Share | | | |