Kepala KUA dan Penghulu Se-Lampung Timur Hari Ini Mengikuti Workshop Gerak Penghulu Sejuta Pengantin Siap Cegah Stunting Angkatan 3 Secara Daring
Daerah

Kepala KUA dan Penghulu Se-Lampung Timur Hari Ini Mengikuti Workshop Gerak Penghulu Sejuta Pengantin Siap Cegah Stunting Angkatan 3 Secara Daring

  19 Sep 2024 |   29 |   Penulis : Humas Cabang APRI Lampung|   Publisher : Biro Humas APRI Lampung

Lampung Timur (Humas PC APRI) Kepala KUA dan Penghulu Se Kabupaten Lampung Timur pagi ini mengikuti kegiatan Workshop Gerak Penghulu Sejuta Pengantin Siap Cegah Pengantin Angkatan  3 yang diselenggarakan oleh UPT Balai Diklat KKB Garut atas kerjasama antara Pusdiklat Kependudukan dan KB dengan Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) yang dilaksanakan secara daring juga diikuti peserta Wilayah Jambi Bengkulu dan Lampung dilaksanakan hari ini Kamis, 19 September 2024.

Dalam paparannya panitia menjelaskan bahwa “ Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari dimulai dari pukul 07:30 WIB s.d. pukul 15:00 WIB diikuti secara daring baik melalui room zoom dan Yautube akan menerima 5 materi dari Narasumber yang berkompeten diantaranya Dr. KH. Abdul Jalil, M.A. widyaiswara Pusdiklat Kementerian Agama, H. Achmad Fatherius, S.Ag., M.M. Kabiro Keanggotaan Kepenghuluan dan Pengembangan SDM PP APRI serta 2 orang Narasumber dari UPT Pusdiklat Garut” paparnya.

Pada materi 1 Kebijakan Program Percepatan Penurunan Stunting Dr. KH. Abdul Jali,M.A. menjelaskan “ program strategis ini yang turut serta didalamnya para Penghulu merupakan juga perintah Allah SWT yakni dijelaskan dalam ayat Quran Surat An-nisa ayat :9 yang artinya “ Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar. (QS. An-Nisa' ayat 9) dan juga diketemukan dalam hadits  “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan kita untuk menikah dan melarang dari hidup membujang (tabattul) dengan larangan yang keras. Beliau bersabda, “Menikahlah dengan wanita yang al-wadud (penyayang) dan al-walud (subur atau banyak anak). Karena sesungguhnya aku akan membanggakan diri dengan sebab (banyaknya jumlah) kalian di depan para Nabi pada hari kiamat.”

Addul Jalil menambakan diakhir materinya “ Para Penghulu yang saya banggakan  agar maksimal program ini hendaknya melakukan sinergitas dengan semua stakeholder untuk suksesnya pencegahan stunting” pungkasnya.

 

Share | | | |