APRI Gelar Raker Dan Simposium Nasional di Parimo
Daerah

APRI Gelar Raker Dan Simposium Nasional di Parimo

  02 Sep 2024 |   79 |   Penulis : Biro Humas APRI Sulawesi Tengah|   Publisher : Biro Humas PP APRI

APRI SULAWESI TENGAH 2023

APRI Gelar Raker Dan Simposium Nasional di Parimo


 

Parigi (kemenag sulteng) -Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) kabupaten Parigi Moutong menggelar Rapat Kerja dan Simposium Nasional Penghulu Indonesia, Selasa 5 Desember 2023 bertempat di aula gedung PLHUT Kantor kemenag Parimo. 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pj. Bupati Parigi Moutong yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Parimo, Mawardin Tjambaru, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah H. Ulyas Taha, Ketua APRI Pusat H. Madari, Kepala Kantor Kemenag Parigi Moutong, Unsur Forkopimda,Pejabat Eselon IV Kemenag Parimo dan seluruh pengurus APRI se-Indonesia.

Ketua APRI kabupaten Parigi Moutong Isram Said Lolo dalam laporannya menyampaikan ada 4 agenda pada kegiatan APRI yang dilaksanakan di kabupaten Parigi Moutong.

Yang pertama adalah Rapat Kerja pengurus APRI kabupaten Parigi Moutong, Simposium Nasional Penghulu Indonesia pertama bagi penghulu se-Indonesia yang di hadiri Pengurus Apri provinsi Sulawesi Tengah dan di ikuti secara daring melalui media zoom meeting oleh seluruh pengurus APRI se-Indonesia, Pengukuhan Pengurus APRI provinsi Sulawesi Tengah, serta Rapat Kerja pengurus APRI wilayah Sulawesi Tengah.

Raker ini akan di gelar selama dua hari, yakni dari tanggal 05 Desember sampai dengan 06 Desember 2023.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah H. Ulyas Taha mengatakan organisasi APRI lahir dari adanya keinginan agar profesi penghulu bisa mendapatkan advokasi atau perlindungan dan kesejahteraan serta jenjang karir yang memadai pada institusinya.

Oleh arena itu pengurus APRI harus bersikap profesional sesuai dengan regulasi yang ada.

KaKanwil meminta kepada pengurus APRI, supaya menyusun konsep program yang sebaik-baiknya untuk meyakinkan masyarakat, bahwa penghulu mempunyai manfaat bagi mereka dalam hal keagamaan dan layak untuk di teladani. 

Lembaga ini juga diharapkan bisa menjadi wadah untuk saling sharing, guna membuka wawasan, serta menjadi tempat pembinaan para Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) yang mempunyai masalah untuk di selesaikan dengan baik di jajaran penghulu.

Ulyas Taha juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang besar kepada Bupati Parigi Moutong yang telah menghibahkan dana anggaran untuk pelaksanaan kegiatan APRI dikabupaten Parigi Moutong.

Selanjutnya Pejabat Bupati Parigi Moutong yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Parimo, Mawardin Tjambaru menyatakan bahwa Penghulu berperan penting dalam kehidupan masyarakat, selain terkait penugasan jabatannya, para penghulu juga adalah panutan masyarakat.

Selaku Pemerintah Daerah Kami berharap agar para penghulu dapat melayani masyarakat kabupaten Parigi Moutong dengan baik dan ikhlas.

Dengan dibentuknya Organisasi APRI tentu akan menunjang peningkatkan kompetensi sumber daya manusia serta peningkatan integritas para penghulu. 

Mawardin berharap akan lahir berbagai program dan rencana kerja Apri khusus nya di kabupaten Parigi Moutong yang bisa sejalan dengan pemerintah daerah. Khususnya pada program pembinaan masyarakat, baik itu dari sisi keagamaan maupun program lainya. (Ahdal)

Share | | | |