Sambut Penghulu Baru, Madari: Selamat Datang!
Nasional

Sambut Penghulu Baru, Madari: Selamat Datang!

  15 Nov 2023 |   551 |   Penulis : Biro Humas PP APRI|   Publisher : Biro Humas PP APRI

Jakarta - Ketua Umum APRI, H. Madari, S.Ag. bersama jajaran pengurus menyambut segenap Penghulu baru angkatan 2022 melalui pertemuan virtual yang digelar pada hari Rabu (15/11/23) melalui zoom meeting. Pertemuan ini merupakan pendahuluan dari serangkaian kegiatan serta program yang telah disiapkan untuk Penghulu baru yang terdiri dari unsur pengangkatan melalui penerimaan CPNS maupun CPPPK.

Dalam sambutannya, Madari menjelaskan bahwa Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) merupakan rumah besar bagi Penghulu di seluruh Indonesia sebagai satu-satunya organisasi profesi yang sah dan berkekuatan hukum mengayomi para Penghulu yang mengemban tugas sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 7 Tahun 2020 tentang Organisasi Profesi Jabatan Fungsional Penghulu, diantaranya menyusun Kode Etik dan Kode Perilaku Penghulu, memberikan advokasi, mengembangkan kompetensi dan kapasitas Penghulu serta membersamai dan menyampaikan aspirasi anggota. Perubahan nomenklatur jabatan fungsional Penghulu yang saat ini diperluas menjadi Aparatur Sipil Negara yang terdiri dari unsur PNS & PPPK telah diakomodir oleh AD/ART dan peraturan organisasi APRI sehingga semua ASN yang memiliki SK Jabatan Fungsional Penghulu secara otomatis menjadi bagian dari APRI melalui mekanisme lanjutan yang diatur oleh peraturan organisasi.

Melalui pertemuan ini, APRI juga mendengarkan aspirasi dari para peserta berkaitan dengan mekanisme penerbitan SK Jabatan Fungsional, pelaksanaan diklat serta bimbingan teknis kepenghuluan. 

Menanggapi hal tersebut, Madari menyampaikan bahwa APRI melalui berbagai tingkatan pengurus mulai dari cabang, wilayah hingga pusat telah dan akan terus membersamai anggota dalam berbagai upaya pencarian solusi dari kendala yang dialami.

"Selamat datang teman-teman semua dalam keluarga besar APRI. Saya berpesan bahwa Penghulu harus taat dan patuh kepada regulasi yang berlaku, senantiasa memerhatikan hak dan menjalankan kewajiban dengan baik, berperan aktif dalam berbagai program APRI sebagai upaya peningkatan kompetensi dan pengayaan literasi yang sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan tugas-tugas kepenghuluan nantinya. Mari kita jaga integritas, bersama menyukseskan program besar APRI dalam pencanangan tahun 2024 sebagai Tahun Integritas Penghulu." pesan Madari.

Acara turut dihadiri oleh H. Achmad Fatherius, S.Ag., M.M. sebagai Kepala Biro yang membawahi Bidang Keanggotaan, Kepenghuluan dan Pengembangan SDM dan Riswanto, S.H.I. selaku Sekretaris I PP-APRI. Fatherius menjelaskan tentang perkembangan regulasi yang berkaitan dengan mekanisme kenaikan pangkat, Penetapan Angka Kredit Integrasi hingga konversi angka kredit melalui penilaian kinerja (SKP) untuk dapat diketahui dengan baik oleh seluruh anggota baru serta penjelasan program APRI kedepannya.

"Biro Keanggotaan akan melakukan pendataan anggota baru yang akan kami sampaikan melalui surat edaran organisasi yang kemudian akan diintegrasikan ke dalam Sistem Informasi Penghulu (SIP) milik APRI yang tengah dikembangkan, selanjutnya sesuai arahan Ketua Umum kami juga akan melaksanakan program orientasi dan bimbingan teknis kepenghuluan untuk menunjang kompetensi Penghulu baru." Tutupnya.

Riswanto, S.H.I. selaku Sekretaris I PP-APRI yang juga turut hadir dalam acara memberikan motivasi kepada peserta dan penjelasan berkenaan dengan regulasi yang harus dipahami oleh segenap Penghulu sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).




Biro Humas PP-APRI

Share | | | |