PW APRI Kalbar Koordinasi Dengan Kabid Urais Kanwil Kemenag Prop. Kalbar
Daerah

PW APRI Kalbar Koordinasi Dengan Kabid Urais Kanwil Kemenag Prop. Kalbar

  05 Sep 2024 |   310 |   Penulis : Biro Humas APRI Kalimantan Barat|   Publisher : Biro Humas APRI Kalimantan Barat

Pontianak (PW-APRI Kalbar) --- Bertempat di Ruang Kerja Bapak Kabid Urais Kanwil Kemenag Kalimantan Barat  di laksanakan kegiatan koordinasi Pengurus Wilayah Asosiasi Penghulu Republik Indonesia(PW APRI) Kalimantan Barat. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis,  05 Sepetember 2024.

Hadir dalam koordinasi tersebut para Pembina APRI PW Kalimantan Barat yaitu Bapak H. Ekhsan, S.Ag, M.Si  Kabid Urais Kanwil Kementerian Agama Prop. Kalimantan Barat, dan bapak Supardi,S.Ag selaku Ketua Tim Bina Kepenghuluan dan Fasilitasi Keluarga Sakinah. Hadir juga pengurus wilayah APRI Kalimantan Barat yaitu. M. Ichsanudin,S.HI selaku ketua. Masri,S.Ag,M.SI selaku sekretaris, dan Sabri,S.Ag.,M.SI selaku Bendahara APRI Kalbar.

Supardi,S.Ag selaku Ketua Tim Bina Kepenghuluan dan Fasilitasi Keluarga Sakinah Kanwil Kemenag Kalbar, pada rapat koordinasi tersebut mengucapkan terimakasih kepada Kabid Urais yang telah menyempatkan diri ditengah-tengah kesibukannya untuk menerima kedatangan para pengurus Wilayah Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kalimantan Barat. Supardi membuka pertemuan tersebut dengan basmalah, yang selanjutnya beliau berharap agar kiranya kehadiran para Pengurus Wiayah APRI Kalimantan Barat yang melaksanakan koordinasi dengan Kabid Urais tersebut dapat menghasilkan kesepakatan terbaik untuk kemajuan program kepenghuluan di wilayah Kalimantan Barat.

Ketua PW APRI Kalimantan Barat, M. Ichsanudin mengawali koordinasi dengan Kabid Urais tersebut dengan mengiformasikan bahwa saat ini APRI sedang melaksanakan milad ke-5, dalam milad APRI ke-5 APRI ini   mengusung tema yaitu; “Gerak Penghulu Sejuta Pengantin Siap Cegah Stunting”. Tema ini diambil oleh pengurus pusat APRI sebagai bentuk upaya menghasilkan kesepakatan bersama melakukan berbagai upaya untuk membantu pemerintah menyelesaikan permasalahan stunting.

"Untuk menyukseskan gerakan pencegahan stunting dari hulu, maka KUA harus bersinergi dengan BKKBN dan Puskesmas tingkat kecamatan pada kegiatan Bimwin untuk memberikan edukasi stunting kepada para calon Pengantin sebelum memasuki gerbang pernikahan mereka. Kerjasama ini akan dimulai dari penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara APRI dengan BKKBN Pusat yang akan dilaksanakan nanti pada hari Rabu, tanggal 11 September 2024 di Jakarta. InsyaAllh dari PW APRI Klabar akan mengutus 2 orang pengurus Wilayah untuk hadir ke Jakarta pada saat penandatangan tersebut”. Ungkap Ichsan.

Selaku ketua APRI Kalimantan Barat, Ichsan juga mengharapkan dukungan dari para Pembina APRI Wilayah Kalbar yaitu pak Kabid Urais dan Ketua Tim Bina Kepenghuluan Kanwil Kemenag Kalbar untuk dapat memfasilitasi terkait rencana pelaksanaan Uji Kompetensi (Ukom) bagi para penghulu yang akan naik jenjang serta rencana kegiatan Bimtek kepenghuluan bagi para penghulu P3K yang ada di wilayah propinsi Kalimantan Barat.

Selaku Pembina APRI wilayah Kalbar, H. Ekhsan, S.Ag, M.Si  Kabid Urais Kanwil Kementerian Agama Prop. Kalimantan Barat menyambut baik kehadiran para pengurus wilayah APRI Kalbar tersebut. Beliau mengucapkan selamat milad ke-5 APRI, semoga dengan bertambah usia, APRI terus mampu membawa perubahan serta menunjukkan performa yang lebih baik selaku ASN Kementerian Agama. Beliau juga merespon positif tentang harapan dan rencana APRI Kalbar untuk melaksanakan Ukom dan Bimtek bagi penghulu.

“Selaku Pembina APRI, kami menyambut baik keinginan dan harapan APRI Kalbar terkait rencana Uji Kompetensi (Ukom) dan Bimtek bagi penghulu di Kalimantan Barat. Namun yang pasti, saya berharap agar kiranya pelaksnanaan Uji Kompetensi bagi penghulu tersebut harus tetap sesuai dengan regulasi yang ada dan harus segera disepakati dan diraptakan terkait waktu, tempat dan biayanya.” Jelas H. Ekhsan.

“Adapun terkait Bimtek bagi calon penghulu hususnya para penghulu yang berasal dari PPPK di wilayah Kalimantan Barat tersebut juga harus mengacu pada regulasi yang ada serta dilaksnakan secara professional”. Harap H.Ekhsan.

H. Ekhsan selaku Kabid Urais dan Pembina APRI Kalbar berharap agar kiranya pengurus APRI Kalbar segera melaksanakan Audiensi dengan Bapak Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Kalimantan Barat agar mendapatkan dukungan serta arahan dari beliau demi suksesnya program-program APRI Kalbar kedepan. -Sans-

Share | | | |