Peringati HUT RI Ke-79 KUA dan Pemerintah Kecamatan Semanding Gelar Nikah Berkah
Daerah

Peringati HUT RI Ke-79 KUA dan Pemerintah Kecamatan Semanding Gelar Nikah Berkah

  23 Aug 2024 |   80 |   Penulis : APRI Pusat|   Publisher : Biro Humas PP APRI

Tuban-(Humas APRI)-Lengkapi Kemeriahan HUT RI Ke-79 Kementerian Gama Kab. Tuban melalui Kantor Urusan Agama berkolaborasi dengan Pemerintah Kecamatan Semanding Gelar "Nikah Berkah" di Pendopo Kecamatan Semanding, Kamis (22/08/2024) diikuti 10 pasang pengantin. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tuban didampingi Kepala Seksi Bimas Islam secara khusus hadir membuka dan menyaksikan pagelaran kegiatan tersebut. 

Umi Kulsum, Kepala Kemenag Tuban memberikan apresiasi kepada KUA Semanding yang sukses mengadakan kegiatan ini. Ia berharap mudah-mudahan "virus baik" ini bisa menular dan ditiru oleh KUA yang lain.

Camat Semanding,
R. Cipta Dwipriyata dalam sambutannya menyampaikan harapannya semoga ikhtiar ini berdampak positif bagi penurunan angka pernikahan di bawah umur sekaligus penurunan prevalensi stunting di Semanding yang memang masih tergolong tinggi. "saya berharap dengan event bersejarah ini menjadi awal yang baik untuk bersama-sama bergerak menurunkan stunting dan pernikahan anak", sambungnya.

Ditemui setelah kegiatan, Haris Rihandoko yang sudah menjabat di KUA Semanding dua tahun lebih ini mengatakan bahwa program "Nikah Berkah" bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak nikah di bawah Umur dan mengurangi angka perceraian.

Selanjutnya ia mengucapkan banyak terima kasih kepada semua stakeholder yang sudah mendukung acara ini hingga bisa terlaksana dengan baik dan lancar, kata pria asal Palang ini.

Pasangan pengantin Vidan (25) & Devi (22) mewakili peserta menyampaikan ucapan terima kasih kepada KUA dan pemerintah Kec. Semanding serta seluruh panitia yang telah menfasilitasi kegiatan ini dan menjadikan sebagai perserta "Nikah 
Berkah". "kami senang dan bangga menjadi bagian sejarah dalam rangka memperingati HUT RI Ke.79 tahun 2024 di pendopo kecamatan Semanding", kata pasangan dari desa Penambangan ini.

Selesai akad nikah dilakukan beberapa prosesi pernikahan adat jawa mulai dari kembang mayang sampai acara sungkeman. Sebagai informasi, 10 pasang pengantin yang mengikuti "Nikah Berkah" adalah mereka yang sudah mendaftar di KUA Semanding untuk pernikahan tanggal 22 Agustus 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh Forkopimka, beberapa perangkat desa, Staf KUA Semanding dan para Penyuluh Agama Islam serta tokoh masyarakat setempat. 

(humas PP APRI)

Share | | | |