Bimwin Mandiri: Sinergi KUA Sungai Raya, BKKBN, dan Puskesmas Kecamatan
Daerah

Bimwin Mandiri: Sinergi KUA Sungai Raya, BKKBN, dan Puskesmas Kecamatan

  09 Sep 2024 |   129 |   Penulis : Biro Humas APRI Kalimantan Barat|   Publisher : Biro Humas APRI Kalimantan Barat

Kubu Raya (KUA Sungai Raya) - Kegiatan Bimbingan Perkawinan Pranikah Mandiri atau sering disebut Bimwin Mandiri sudah menjadi agenda rutin KUA Kecamatan Sungai Raya yang dilaksanakan 3 kali pada setiap pekannya, yaitu Hari Senin, Rabu dan Kamis yang bertempat di Aula KUA Kecamatan Sungai Raya .

Kegiatan Bimwin merupakan program Kementerian Agama RI, berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Bimas Islam Nomor 189 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Bimbingan Perkawinan bagi Calon Pengantin.

Dalam pelaksanannya, KUA Sungai Raya ini senantiasa bekerjasama dengan dinas Kesehatan hususnya Puskesmas disekitar kecamatan Sungai Raya serta BKKBN. Peserta Bimwin dibekali berbagai materi diantaranya; Prosedur Pelayanan Nikah dan Manajemen Keluarga oleh penyuluh agama dan penghulu KUA Sungai Raya, materi Kesehatan Reproduksi dan Pencegahan stunting disampaikan oleh BKKBN, Pemeriksaan Kesehatan dan Kesiapan Kehamilan oleh Bidan Puskesmas.

H. Sabri selaku kepala KUA Sungai Raya dan sekaligus ketua PC APRI Kubu Raya berharap agar kiranya pelaksanaan Bimwin ini bukan sekedar formalitas, tapi memberikan dampak positif bagi para calon pengantin dan generasinya kelak.

“Dengan Bimwin ini tentunya program Kementerian Agama dapat terealisasi dan dengan Bimwin juga menjadi bekal bagi Catin agar mampu menjaga ketahanan keluarganya dalam membina mahligai rumah tangga nanti”. Jelas Sabri.  

“Saya juga berharap, dengan adanya pemahaman konsep berkeluarga, catin memiliki kesadaran terkait pencegahan stunting. Dan semoga kegiatan ini menjadi stimulan bagi peserta dalam rangka membangun keluarga sakinah, mawaddah warahmah,” tutup Sabri.

Share | | | |